Tentang Salah Jurusan



Salah Jurusan adalah Sebuah Gerakan yang dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap fenomena dimana `keterampilan dan pendidikan` seolah menjadi hal yang tidak begitu penting. Sudah jadi rahasia umum kok, terlebih banyaknya iklan Lowongan Pekerjaan yang kerapkali menuliskan syarat minimal "Lulusan D3/S1 Semua Jurusan" dan lain sebagainya.

Beberapa kasus yang terjadi, banyak orang bekerja pada bidang yang sebetulnya tidak dikuasai karena tidak sama dengan latar belakang pendidikan atau keahlian yang dimilikinya. Diantara kita mungkin pernah menjumpai seorang Lulusan Teknik bekerja sebagai Apoteker,  Lulusan Hukum yang menjadi Sales Alat Musik, Lulusan Sastra yang bekerja pada sektor Perbankan dan lain sebagainya. Atau jangan-jangan, Anda adalah salah satunya ?

Tidak sedikit pula orang yang mungkin pernah `ditolak` oleh jurusan/ bidangnya sendiri ketika mengajukan lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan.

Dengan Asumsi bahwa mencari pekerjaan akan relatif lebih mudah apabila punya ijazah D3/S1 tanpa perduli jurusan apapun itu, hingga pada akhirnya banyak anak-anak muda yang menempuh pendidikan asal-asalan. Asal Lulus, Asal dapat Ijazah namun tidak memiliki kompetensi dari bidang keterampilan yang seharusnya dikuasai.

Disisi lain, beberapa Perusahaan masih percaya bahwa pola pikir dan etos kerja seorang sarjana itu lebih bisa diandalkan daripada orang yang tidak pernah duduk dibangku kuliah. Kalau sudah begini, Lantas siapa yang harus disalahkan, Perusahaan dengan asumsinya ataukah Pencari Kerja yang menempuh pendidikan untuk gelar semata.

Disadari ataupun tidak, Kedua hal ini telah membelenggu kesempatan orang yang sebenarnya memiliki keterampilan tinggi namun tidak memiliki gelar karena tidak ada biaya untuk kuliah dan lain-lain. Sebaliknya, para Sarjana yang benar-benar memiliki kompetensi pun jadi tidak berdaya ketika gelar yang dimilikinya itu diragukan.

Dengan ini, Kami mengajak :
Anda yang merasa pernah mengalami hal tersebut diatas,
Anda yang merasa perduli akan pentingnya Keterampilan dan Kompetensi,
Anda yang merasa tidak rela masa studi`nya dianggap sia-sia,

MARI BERSUARA ! dan Ambil bagian demi sebuah perubahan.

Tunjukan bahwa tidak pernah ada usaha/perjuangan yang sia-sia.
Sekalipun bukan sarjana, Tunjukanlah bahwa Anda terampil dan mampu untuk bersaing.

Berhentilah berharap dan menunggu orang lain berubah,
Ketika orang tidak memberikan Anda kesempatan, bisa jadi ini saatnya Anda harus menciptakan sendiri kesempatan itu.

Mari Sampaikan Pengalaman dan Cerita Inspiratif yang Anda miliki,
Jadilah bagian dari gerakan yang perduli akan pentingnya Kompetensi, Keterampilan dan Pendidikan.
Cerita Anda akan menjadi pelajaran berharga dan menjadi bagian yang dapat merubah mindset dan budaya saat ini. Suatu saat Akan lebih banyak orang yang menempati posisi dan berprofesi sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimilikinya.

Anda Punya Cerita ?