Belajar Tips Sukses dari Jack Ma, Mantan Orang Miskin yang Semakin Mendunia

Belakangan, nama Jack Ma kerap kali menjadi trending topic di dunia maya. Kisah suksesnya menjadi inspirasi bagi banyak orang. Pria yang bernama asli Yun Ma ini, terlahir dalam keluarga yang jauh dari kata `kaya`.  Jack menghabiskan lebih dari separuh usianya dalam keterbatasan finansial. Keberuntungan seakan enggan mampir dalam hidupnya, hingga akhirnya dia mampu kuliah D3 Sastra Inggris di Hangzhou Normal University, Tiongkok.


Sejak remaja, Jack Ma kerap menjajakan jasa menjadi free guide bagi turis asing yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Dari situ akhirnya dia membangun jaringan dan hal ini juga lah yang membuatnya bisa terbang ke AS. Jack Ma juga sempat mendirikan tempat kursus bahasa Inggris.

Tahun 1995 Jack pergi ke AS untuk belajar banyak hal. Ketika disuruh mendalami internet yang kala itu mulai booming, Jack menolak karena merasa belum menguasainya. Sampai kemudian, dia justru terinspirasi untuk membuat situs yang berisi tentang informasi mengenai barang-barang buatan Tiongkok. Ide ini muncul karena dia tak dapat menemukan bir buatan negaranya itu ketika berada di negeri Paman Sam.

Setelah kembali ke Tiongkok, Jack bergabung dalam Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Di sanalah ia mendapatkan kesempatan untuk menawarkan jasa pemasaran poduk Tiongkok melalui internet. Kesempatan ini pun tak disia-siakannya. Jack belajar banyak tentang seluk beluk pemasaran online. Namun karena tak ingin dikekang dengan dengan banyaknya aturan sebagai pegawai negeri, Jack pun  memutuskan untuk keluar dan mendirikan Alibaba di tahun 1999.

Saat ini, Alibaba Group telah menjadi perusahaan ecommerce terbesar di Tiongkok, sekaligus menjadi yang disegani di seluruh dunia. Melalui situs tersebut, jutaan pembeli dan penjual bertemu dan menghasilkan transaksi bisnis yang luar biasa besar setiap harinya. Jack Ma adalah orang Tiongkok pertama yang muncul di majalah Forbes dan dinobatkan sebagai biliuner dunia.

Kunci sukses Jack Ma dalam berbisnis yang selalu ia pegang dan wajib untuk kita teladani antara lain :

  •       Selalu menjaga kepercayaan
  •       Fokus untuk melayani pelanggan dan tak perlu takut akan kompetitor
  •       Berpikir bisnis secara global
  •       Mempekerjakan anak muda dan orang-orang pintar
  •       Teruslah bergerak, Terus berinovasi dalam bekerja
Hmmm, luar biasa ya seorang Jack Ma. Salut!

Salah Jurusan

No comments:

Post a Comment