3 Tips untuk Sukses Bekerja diiluar Background/Bidang Pendidikan yang pernah ditempuh

Salah Jurusan - Dunia kerja memang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang, terutama fresh graduate yang notabene baru saja lulus dari bangku sekolah. Masih banyak yang mengira bahwa jurusan/bidang pendidikan mereka akan sulit diterima di dunia kerja, sehingga tak heran kalau semakin banyak yang menganggur karena tidak mampu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikannya.

Padahal, tidak pernah ada jaminan bahwa pendidikan formal akan menjanjikan karir yang gemilang. Bahkan banyak sekali orang yang sukses di bidang pekerjaan yang sebetulnya tidak sesuai dengan jurusan/bidang pendidikan yang pernah digeluti saat menempuh pendidikan. Misalkan, ada lulusan fakultas ekonomi yang malah sukses ketika menggeluti pekerjaan di bidang teknik dan begitu pula sebaliknya, banyak juga yang mengambil kuliah di fakultas teknis dan malahan sukses dalam pekerjaan di bidang ekonomi.


Point penting untuk meraih kesuksesan ternyata bukan hanya dari pendidikan yang pernah ditempuhnya, akan tetapi, sangat bergantung dari tekad yang dimiliki oleh orang itu sendiri. Berikut adalah 3 trik yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mempermudah Anda meraih kesuksesan di dunia kerja.

1.Pilih Pekerjaan Sesuai Dengan Hobi Anda
Sudah banyak orang yang sukses dari hobinya, hal itu dikarenakan mereka bisa bekerja dengan nyaman tanpa adanya tekanan atau kesulitan. Dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda, kemungkinan Anda sukses akan jauh lebih besar. Misalnya, Anda memiliki hobi bermain musik, saat ini sudah banyak label musik yang membutuhkan talent atau staff management untuk mengatur talent mereka, dengan Anda bekerja di label tersebut tentu saja Anda bisa bekerja sesuai dengan hobi bermusik, walau sebenarnya pendidikan Anda diluar bidang musik.

2.Pilih Pekerjaan Yang Tidak Terlalu Menyita Waktu
Tidak semua pekerjaan harus selalu menyita waktu Anda, misalnya, Anda harus bekerja selama 12 jam lebih untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih, padahal banyak pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu 4 jam saja namun bisa mendapatkan penghasilan sesuai dengan pekerja yang bekerja selama 12 jam. Dengan mencari pekerjaan yang tidak terlalu menyita banyak waktu, berarti akan memberikan banyak ruang gerak untuk menjalankan berbagai bisnis sampingan dari hobi Anda. Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan berbagai pekerjaan bagi freelance tanpa harus menyita banyak waktu.

3.Jauhi Pekerjaan Yang Tidak Anda Sukai
Untuk meraih kesuksesan bukan berarti harus menderita dengan mengerjakan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Contoh, Anda adalah lulusan S1 akuntansi, akan tetapi selama Anda kuliah tidak menyukai mata kuliah utama perpajakan, maka jangan memaksakan diri Anda untuk mencari pekerjaan yag berhubungan dengan akuntansi. Biasakan bekerja dengan hati dan tanpa beban sehingga karir Anda bisa semakin berkembang.

Demikianlah 3 tips yang barangkali bisa membantu Anda dalam menentukan/memilih pekerjaan sekalipun itu berbeda dengan bidang pendidikan yang pernah ditempuh. Saat ini mencari pekerjaan memang semakin sulit, oleh karena itu, Kita harus pintar-pintar dalam mengembangkan diri untuk meniti karir sampai titik maksimal.

Salah Jurusan

No comments:

Post a Comment