Daripada Mengeluh karena Salah Jurusan, Coba Pikirkan Dulu 6 Hal Ini


 Tidak mudah memang, menjadi mahasiswa salah jurusan. Dari mata terbuka di pagi hari, memulai hidup rasanya sudah terasa membosankan. Mengelenjat bangun dengan langkah yang berat, belum lagi harus bertemu dengan mata kuliah yang sama sekali tidak dimengerti, dan kita merasa bahwa itu bukan minat kita. Di titik ini, banyak mahasiswa yang kehilangan semangat hidup, seolah lupa kalau ia sedang ada di masa-masa emas, yang tidak boleh begitu saja dilewatkan. Dan, hidup penuh keluhan pun di mulai. Daripada mengeluh, coba pikirkan dulu 4 hal ini.

1. Semua yang terjadi adalah yang terbaik
Ini mungkin terdengar agak naif, tapi tidak bisa kita pungkiri bahwa ada sentuhan Yang Maha Kuasa di setiap hidup. Dari mulai dedaunan jatuh ke bumi, sampai ajal yang dihadapi manusia, tak lepas dari garis yang sudah ditentukan-Nya. Pun dengan jalan hidup kamu. Yakin saja, kalau ini adalah yang terbaik, dan ada hadiah yang disiapkan-Nya untukmu di depan. Dalam hal ini, kamu hanya perlu sedikit berprasangka baik, bukan?

2. Ada orang tua yang selalu mendo’akanmu
Orang tua adalah satu dari daftar sesuatu yang tidak pernah boleh kita lupakan. Bahwa kamu berada di sini bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang tuamu. Apa yang mereka lakukan di rumah demi membiayai kuliahmu? Sedangkan, kamu tidak bisa fokus kuliah. Lagi, apa yang mereka lakukan demi kamu bisa bersekolah dari SD hingga SMA, namun di jenjang puncak ini kamu harus gagal? Yang terpenting, mereka pasti terus mendo’akan kebaikanmu, maka seharusnya tak ada yang mesti kamu takutkan.

3. Wujudkan mimpi demi sahabat
Kamu pasti memiliki sebuah kelompok persahabatan, hubungan kalian sangat rekat, sampai saling terbuka atas mimpinya masing-masing, lalu berjanji akan saling membantu satu sama lain. Sudah ada di mana mereka? Mengapa kamu sendiri harus stuck  di sini? Kamu harus berdiri sejajar dengan mereka, lalu tertawa bersama-sama.

4. Hal-hal yang besar memang selalu sulit
Mengapa semuanya begitu sulit? Jawabannya bisa jadi ketika kamu berhasil melewati ini, kamu akan bertemu dengan takdir yang besar. Bukankah sesuatu yang besar memang selalu menyulitkan terlebih dahulu. Entah takdir besar apa yang menunggu, kamu hanya perlu menjempuntya, dan tidak diam di tempat seperti saat ini.

5. Karena kamu spesial
Orang biasa mungkin tidak pernah menghadapi ini, bahkan diantara mereka mungkin tidak pernah benar-benar menyadari minat mereka yang sebenarnya; seperti yang berhasil kamu temukan saat ini. Kamu spesial.

6. Karena kamu bisa melewatinya
Yang terakhir adalah karena kamu bisa melewati ini, entah itu melanjutkan kuliah di jurusan ini, atau mengulang lagi di jurusan yang sesuai dengan minat. Satu yang pasti, kamu pasti bisa melewati ini. Kamu dilahirkan untuk menghadapi ini, lalu mengalahkanya. Yakinlah.

Tak ada satu pun orang; yang berhak mengatakan kalau salah jurusan adalah masalah yang sepele. Tak ada satu pun orang yang bisa berkata kepadamu bahwa kamu terlalu mengikuti apa yang kamu mau. Namun tak ada satu hal pun juga yang bisa kamu sesalkan, tak ada asalan pula kamu tak bisa melewati ini.


Memang tidak mudah, tapi bukankah masih banyak yang bisa kita lakukan daripada hanya mengeluh? (Tommi Pringadi)

Tommi Pringadi

No comments:

Post a Comment