Jawab 7 Pertanyaan Ini dan Temukan Passion-mu Sendiri!

Semakin beranjak dewasa, kamu akan dihadapkan dengan beragam realita yang mau tidak mau harus dihadapi. Tidak hanya satu dua, untuk beberapa kasus kamu akan merasakan perbedaan signifikan tentang hobi dan  passion yang berpengaruh dalam hidup.

Tidak semua orang tahu betul tentang hobi dan passion-nya sendiri. Banyak yang hingga saat ini menjalani sesuatu tanpa ada satupun gairah yang membuat hidup terasa lebih hidup.



Hal ini wajar, kok. Tidak ada yang bisa menemukan passion hanya dalam satu waktu. Butuh waktu untuk bisa menemukan apa yang sebenarnya bisa membuat dirimu hidup dan bergairah untuk menjalani hidup.

Nah, kalau kamu merasa bahwa hingga sampai saat ini kamu belum juga menemukan passion-mu, jangan sedih. Waktu masih panjang dan selama masih muda, kesempatan yang ada di depanmu akan terus berdatangan untuk bisa kamu ambil, geluti dan tekuni sebagai bekal masa depan.

Tapi Sahabat Salah Jurusan, ternyata passion itu bisa ditemukan dengan hanya merenungi 7 pertanyaan ini, lho!

1. Hal apa yang membuat hidupmu terasa lebih lengkap?

Pasti ada satu hal yang ketika kamu menjalaninya, hidupmu terasa lebih sempurna, Kamu tidak merasa terbebani sedikitpun karena dengan melakukan hal tersebut kamu merasa hidupmu menjadi lebih utuh.

Bahkan, saat kamu melakukannya, kamu akan berusaha untuk menyingkirkan hal-hal lain yang justru akan mengganggumu. Kalau kamu pernah menemukan feel seperti ini, maka bisa jadi ini adalah passion yang kamu miliki selama ini.

Misalkan, kamu suka menulis. Tetapi, lebih dari itu menulis bisa membuatmu lupa waktu dan menjadikanmu seseorang yang produktif. Ini bisa jadi, kamu memiliki passion di bidang menulis yang tidak kamu sadari secara langsung.

2. Kamu punya keyakinan pada hal yang ditentang oleh semua orang

Pernah nggak sih kamu menekuni satu hal yang menurut kamu adalah cara untukmu berekspresi, tetapi orang-orang sekitarmu menentangmu. Bahkan, bisa jadi dari orang tua juga melarang hal yang kamu sukai tersebut.



Memang, sejatinya orang-orang di sekitar berperan penting terhadap jalan menuju sukses yang kamu pilih, Tetapi, pastikan saat kamu mengambil jalan yang orang di sekitarmu tawarkan kamu merasa nyaman dan bahagia untuk menjalaninya, ya!

3. Adakah satu kemampuan yang kamu merasa sangat menguasai tersebut?

Minat dan bakat memang sudah ada sejak lahir. Tetapi, percayalah bahwa setiap kemampuan yang Tuhan bekalkan pada kita tanpa kita usahakan akan berbuah sia-sia. Minat dan bakat alami yang telah Tuhan anugrahkan seharusnya bisa kamu jadikan alasan untuk berkembang.

Kamu harus peka terhadap segala hal yang membuat dirimu menjadi semakin menonjol dan terlihat seperti ahli. Hal inilah yang disebut dengan kamu tidak hanya pandai melihat peluang, tetapi kamu bisa menjadikannya sebagai passion hidup.

4. Saat kecil, apa hal yang paling menjadi favoritmu?

Saat kamu dirundung pertanyaan tentang apa passion-mu selama ini, tengoklah ke belakang saat kamu masih kecil. Masa lalu yang pernah kita alami pasti menyimpan banyak rahasia, bukan?

Tengok kembali apa yang menjadi kesukaanmu sebelum pada akhirnya kamu beranjak dewasa dan hanya hidup di bawah perintah lingkungan tanpa pernah tahu jalan mana yang membawamu benar-benar menuju kebahagiaan.

5. Kamu menyimpan rasa penasaran terhadap sesuatu? 

Kalau jawabannya iya, maka kamu harus terus menjadikan dirimu penasaran untuk mencoba hal baru. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mengetes seberapa besar ketertarikanmu terhadap hal yang bisa membuatmu penasaran?

Untuk bisa menemukan passion, kamu tidak hanya bisa duduk diam saja. Melainkan, kamu juga harus bertindak dan mengenali banyak hal yang ada di luaran diri kita termasuk memelihara rasa penasaran. So, jika memang ada yang ingin kamu coba dan kamu selesaikan, selesaikan sekarang juga!

6. Apakah kamu punya cita-cita untuk menceritakan perjalananmu kepada orang-orang di masa depan?

20 hingga 30 tahun mendatang, kamu pasti ingin menceritakan tentang hal-hal yang membuatmu terasa begitu bergairah. Kamu ingin menceritakan dengan bangga tentang segala pencapaianmu di masa muda.

Saat tua nanti, kamu pasti ingin memiliki satu cerita yang akan kamu ceritakan dengan penuh rasa bangga karena impianmu terwujud, bukan? Oleh karena itu, kamu harus mengejar segala target yang ingin kamu capai karena pencapaianmu adalah bentuk apresiasimu terhadap diri sendiri.

7. Apa yang akan kamu lakukan meskipun tidak ada yang melihat, mendengar dan memengaruhi hidupmu?

Saat-saat seperti ini adalah saat terbaik untukmu merumuskan tujuan hidup yang ingin kamu capai. Kamu akan bisa menemukan dirimu dengan merenung sendiri, melihat dalam dirimu apa yang sebenarnya menjadi passion-mu?

Itu dia Sahabat Salah Jurusan rentetan pertanyaan yang harus kamu jawab bila kamu masih merasa bahwa kamu belum menemukan passion-mu. Kalau kamu sudah menemukan passion-mu, share ceritanya di kolom komentar, yuk!

Dwi Septianingsih

No comments:

Post a Comment