2 dari 5 Orang Terkaya Dunia Adalah Mahasiswa yang Sempat Salah Jurusan

Salah jurusan memang sebuah kasus yang tidak bisa kita sepelekan begitu saja, terutama ketika kita harus menghadapi mata kuliah yang bukan favorit kita. Tetapi, sahabat Salah Jurusan, sebaiknya kamu tidak memilih untuk putus asa dulu, sebab fakta ini bisa menunjukan kalau hidupmu belum benar-benar berakhir hingga di sini. Kalau sukses dan bisa meraup pundi-pundi kekayaan, nyatanya bukan perkara jurusan, melainkan tetap pada upaya dan ketekunan kita meraih mimpi.

Adalah majalah Amerika, Forbes, yang sudah merilis daftar orang-orang terkaya di dunia di tahun 2017 ini, dan ternyata 2 dari 5 orang terkaya itu adalah mahasiswa yang sempat salah jurusan, lho. Siapa 2 orang tersebut?

1. Bill Gates


Tahun 2017 masih menempatkan Bill Gates sebagai orang terkaya di muka bumi, dengan memegang 86 milyar dollar AS. Ini artinya ia sudah mempertahankan gelarnya yang satu ini, selama 4 tahun berturut-turut!

Sahabat salah jurusan tentu pasti sudah tahu dengan sosok pemilik Microsoft ini, tapi tahukah kamu kalau ia juga mahasiswa salah jurusan seperti kita? Tentu, kamu pasti bakal mengira kalau Bill Gates adalah mahasiswa ilmu komputer, namun ternyata anggapan tersebut salah. Orang yang menempati posisi sebagai manusia paling kaya sejak 2013 ini, ternyata adalah mahasiswa jurusan hukum Hardvard. Musim gugur tahun 1973, pemuda yang lahir di Washington ini mendaftar di jurusan tersebut, meski beberapa waktu kemudian ia menyadari kalau perhatiannya lebih condong pada ilmu komputasi.

Bill Gates tidak menyerah dengan terus menekuni minatnya, dan terus mengakrabkan diri dengan hobinya tersebut di sela-sela waktu luang. Bersama Paul Allen, ia terus mengeksplor diri dengan membuat beberapa software mutakhir.

Dan, mahasiswa salah jurusan ini sekarang menjadi salah satu aset paling berharga yang dimiliki bumi, penyumbang peradaban manusia terbesar di era abad 21. Sekarang di usia senjanya, ia memiliki apa pun yang diinginkan, dan berkontribusi.

2. Mark Zuckerberg


Di usia yang masih 32 tahun, Zuckerberg sudah mengantongi 56 milyar dolar AS. Ia digadang-gadang sebagai calon paling kuat suksesor Bill Gates beberapa tahun mendatang, mengingat usianya yang masih sangat belia dibandingkan milyarder lainnya. Dengan segala pencapainnya saat ini, tidak ada orang yang bisa mengatakan kalau pemuda kelahiran New York ini biasa-biasa saja.

Selain satu almamater dengan Bill Gates, pendiri media sosial dengan pengguna terbanyak ini sama-sama pernah terdampar di jurusan yang bukan bidangnya. Ya, suami dari Priscilla Chan ini adalah mahasiswa jurusan psikologi, meski menggandrungi dunia website. Ide pembuatan Facebook sendiri lahir dari Facemash, sebuah situs jahil yang berisi foto-foto mahasiswi Hardvard, dan ada poling tentang siapa yang paling hot. Tentu saja kejahilan Zuckerberg tersebut bukan tanpa dasar, ia berani menunjukan keinginannya tentang keterbukaan informasi dengan mengkolaborasikan dengan minatnya di dunia website, dan hasilnya bisa kita lihat sekarang.

Facebook didirikan pada 2004, sejak saat itu orang-orang bisa dimudahkan berkomunikasi hanya dengan satu website.

Begitulah, sahabat Salah Jurusan. Baik Bill Gates maupun Mark Zuckerberg telah membuktikan kepada kita, bahwa jurusan sama sekali bukanlah sebuah masalah, ketika kita tetap menekuni apa yang kita minati. Keduanya akan ditulis dalam tinta emas, dan tidak akan pernah dilupakan oleh sejarah, atas kontribusinya pada dunia ini. Apa jadinya dunia ini tanpa kehadiran mereka berdua?


Sekali lagi, tetap fokus pada mimpi-mimpi kamu dan jangan pernah menyerah ya. Bisa jadi kamu adalah Bill Gates atau Mark Zuckerberg selanjutnya, mungkin saja bukan?

Tommi Pringadi

No comments:

Post a Comment