Ingin cita-citanya segera terwujud ? Anda wajib melakukan hal ini !

Anda pasti pernah dilontarkan pertanyaan terkait cita-cita yang ingin dicapai setelah besar nanti. Masih ingat dengan jawaban Anda saat itu ? Diantara Anda pasti banyak yang menjawabnya dengan cita-cita seperti ingin menjadi Dokter, Pilot, Polisi, Tentara, Guru, Pengusaha dan berbagai jawaban lainnya. Lantas, berhasilkah Anda mencapai cita-cita yang pernah Anda ungkapkan tersebut ?


Salut dan turut bangga terhadap Anda yang terus konsisten dengan cita-cita yang pernah diungkapkan, sampai akhirnya benar-benar terwujud. Namun, sepertinya tidak banyak orang yang bisa konsisten dan berhasil mewujudkan cita-citanya tersebut. Tahu Kenapa ? Salah satu penyebabnya, bisa jadi karena ketika mengungkapkan cita-cita tersebut, Anda hanya asal njeplak (baca : asal bicara), lantas tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang benar-benar ingin diwujudkan.

Disisi lain, ternyata doktrin / pesan yang biasa kita dengar, "Gantungkan cita-citamu setinggi langit" itu tidak masuk akal dan sebaiknya tidak usah diteruskan lagi. Kenapa ? Selain perlu usaha yang luar biasa sulit untuk bisa sampai ke langit, bisa dipastikan Anda juga akan kecewa ketika berhasil mencapai langit tersebut, pasalnya, dilangit ternyata tidak ada gantungan tempat menaruh cita-cita kita. 

Bagaimana caranya supaya fokus dengan cita-cita dan bisa betul-betul mewujudkannya ?

Sejenak, mari lupakan cita-cita yang pernah Anda ungkapkan dulu dan fokus dengan apa yang ingin Anda wujudkan dalam beberapa tahun mendatang. Sebut saja, ingin lulus kuliah sebelum usia 22 tahun, ingin bekerja di perusahaan impian, ingin berkeluarga dan memiliki rumah sendiri atau keinginan-keinginan sederhana lainnya. Yang harus dilakukan adalah bukan hanya mengucapkan dalam hati ataupun lisan, tetapi harus berani menuliskan semua keinginan Anda tersebut melalui sebuah media.


Menuliskan cita-cita atau keinginan Anda di Pantai, tidaklah direkomendasikan karena tulisan tersebut akan segera hilang tersapu ombak. Kecuali bila Anda mendokumentasikannya sebagai sebuah photo/gambar yang kemudian dicetak dan dipajang di dinding kamar. Iya, wajib dicetak dan dipajang di dinding kamar ! Tujuannya adalah supaya Anda melihatnya setiap hari sebagai pengingat bahwa Anda pernah berkomitmen dan menentukan sebuah target.

Anda yang tidak punya waktu untuk pergi ke Pantai, membuat tulisan dan mengambil photo/gambar untuk dicetak dan dipajang di dinding kamar, tidak usah repot-repot. Ambillah secarik kertas dan alat tulis untuk menuliskan 3 sampai 5 point cita-cita / target yang ingin Anda capai dalam beberapa waktu mendatang. Pastikan Anda tentukan sendiri deadline`nya. Untuk 3 tahun atau 5 tahun yang akan datang barangkali. Ketika salah satu point yang Anda tulis telah terwujud, jangan sungkan untuk memperbaharui atau menambahkan target lain untuk segera dicapai juga ya.

Berani mengungkapkan dan menulis cita-cita serta berkomitmen untuk mewujudkannya sampai berhasil, baru luar biasa. Hampir sebagian besar dari orang-orang sukses melakukan hal ini. Percayalah ! It Works !

Salah Jurusan

No comments:

Post a Comment